Bintang Bergerak


Apa Anda udah pernah melihat bintang bergerak?

Pada malam hari tanggal 15 Juni 2011 lalu, di malam sebelum gerhana bulan total terjadi, saya mengamati langit malam  usai senja. Memang sangat indah. Ada banyak sekali bintang dan bulan purnama yang menyilaukan. Namun kemudian, saat saya sedang mengamati satu bintang saya menyadari di dekat intang itu ada sesuatu yang bergerak. Benda itu persis seperti bintang dan berkelap-kelip dan bergerak dengan sangat cepat seperti kecepatan pesawat yang biasa kita lihat. Saya kaget. Benda yang awalnya saya anggap bintang itu bergerak dati barat ke timur dan kemudian menghilang. Karena benda itu tidak berekor, maka dugaan bahwa itu adalah meteor saya singkirkan. Saya juga memikirkan kemungkinan lain. “Mungkin itu satelit..”. Tapi sejujurnya, saya bukan ahli di bidang ini dan saya sampai sekarang tidak paham apa itu “satelit”, hehehe… ^_^;

Karena sangat penasaran, saya browsing di internet tentang “bintang bergerak” ini. Lalu saya menemukan sebuah halaman di Yahoo!Answer. Disana ada seseorang yang juga menanyakan hal yang sama. ada seseorang yang menjawab kira-kira seperti ini: “jarak bumi ke benda luar angkasa itu jutaan tahun cahaya lamanya. Karena itu jika ada aktivitas di luar angkasa sana sekarang, maka akan terlihat dari bumi jutaan tahun yang akan datang. Berarti jika sekarang kita melihat bintang bergerak itu berarti kita telah beruntung menyaksikan peristiwa jutaan tahun cahaya yang lalu”. Hm, penjelasannya cukup saya pahami, tapi jika dipikir-pikir sepertinya tidak masuk akal. Entahlah… God only knows…

Lalu ada jawaban lain yang mengatakan lebih kurang seperti ini: “Bintang itu tidak bergerak, namun hanya bumi yang berputar sehingga seolah-olah bintang itu tampak bergerak”. Jika seperti itu, apakah bumi bergerak begitu cepat dan kencang sehingga bintang itu seolah-olah bergerak dengan cepat? Sepertinya tidak juga. Saya tidak tahu pasti, tapi sepertinya jawaban ini tidak dapat saya pahami jika objek yang saya lihat itu bergerak cepat. Lagi pula, saya sering memperhatikan langit malam dan melihat bintang dan rasi-nya. Setelah beberapa jam saya amati bintang-bintang itu tetap berada di sana, tidak terlihat bergerak. Jadi apakah bintang benar-benar bergerak? Atau apakah bintang memang bergerak sesuai dengan gerakan bumi? Saya belum sempat mencari tahu banyak, karena itu saya belum tahu, ^.^;

Kemudian jawaban lain: “alam raya ini senantiasa selalu berkembang seperti teori big bang. Bintang-bintang akan selalu bergerak mengelilingi pusat alam semesta dan mengambang menjauh satu sama lain”. Berarti benar bahwa bintang itu bergerak? Tapi seperti apa gerakannya? Bingung.

Lalu ada pula yang menjawab kira-kira seperti ini: “mungkin itu pesawat luar angkasa yang mengorbit bumi ata stasiun luar angkasa”. Mungkin juga. Tapi berapa kecepatannya disana sehingga terlihat bergerak begitu cepat dari bumi? Oh ya! Sesudah peristiwa itu, saya melihat berita di TV bahwa Iran (atau Iraq? Lupa aku ^_^;) melepas roketnya ke luar angkasa yang diperkirakan akan tepat sampai di orbit bumi. Katanya roket ini akan dapat mengitari bumi sebanyak 15 kali dalam 24 jam. Saya yakin benda yang saya lihat bukan roket tersebut karena roket itu diluncurkan setelah saya melihat bintang itu ^_^

Another answer: “kemungkinan itu satelit buatan yang mengorbit karena bintang tidak bergerak. Atau mungkin juga benda langit yang disebut planet”. Satelit! Saya juga menduga hal yang sama. Tapi saya juga belum sempat mencari tahu tentang satelit sehingga saya masih ragu. Kalau planet? Setahu saya ada planet lain di luar angkasa selain 8 planet yang sudah kita kenal. Mungkin saja satu dari planet lain yang tidak atau belum terdaftar itu ada yang bergerak secepat itu.

Ada juga jawaban seperti ini: “mungkin itu hanya pembelokan cahaya oleh udara. Udara adalah partikel yang renggang sama seperti kita menjatuhkan batu ke air maka kita melihat seakan batu itu berubah entah membesar atau diperbesar. Udara juga demikian hanya udara sangat mudah mengalir sehingga pembiasannya pun terlihat seperti bintang bergerak”. Kebetulan, saya tidak mengerti soal pembiasan cahaya.

Setelah itu, ini juga. Katanya: ” itu bisa jadi satelit buatan manusia yang mengorbit dan memantulkan cahaya matahari dari solar cell-nya yang berbentuk seperti cermin, itu memng sering terlihat”. Nah, jawaban ini sepertinya meyakinkan. Mungkin bisa dijadikan panutan.

Banyak sekali jawaban yang ditemukan. Ada juga yang bilang itu adalah sebuah bintang yang terlihat bergerak karena ilusi optik. Atau mungkin juga pesawat antariksa. Saya pernah menonton dokumentasi National Geographic Channel tentang Mistery light atau cahaya misteri. Tapi dalam dokumentasi itu cahayanya lebih besar dan ada di bumi atau setidaknya paling jauh berada di atmosfer bumi dan ukurannya lebih besar dari objek yang saya lihat.

Mungkin juga adalah ini: International Space Station atau ISS, yaitu objek buatan manusia yang paling besar dan terang yang mengorbit bumi. Saya browse di internet katanya cahayanya terlihat lebih terang dari Venus. ISS mengitari bumi dari ketinggian 348 km dengan kecepatan sekitar 27.743 km/jam. ISS menyelesaikan 15,7 orbit per hari. Dari bumi dapat terlihat bergerak dengan kecepatan seperti sebuah pesawat jet. Kadang hanya butuh 4 menit baginya untuk melintasi angkasa di depan mata kita. Saya pikir, mungkin yang saya lihat itu memang ISS. Tapi kalau tidak salah entah 1 hari sebelum atau sesudah hari itu saya membaca kabar di twitter katanya ISS akan terlihat di sekitar daerah Bandung di pagi hari menjelang matahari terbit. Sedangkan objek yang saya lihat itu melintas di malam hari. Mungkinkah itu ISS. Padahal katanya ISS itu sulit terlihat dan hanya di bulan-bulan tertentu bisa terlihat. Itupun kalau beruntung kita bisa melihat ISS  beberapa kali dalam 1 malam.

Jadi, apakah benda itu yang sebenarnya? Dari banyak kemugkinan, setidaknya ada 1 yang terkuat yang bisa dijadikan panutan. Tapi semuanya hampir sama kuatnya. Saya juga heran kenapa saya begitu penasaran dan antusuas sekali dengan hal ini. Mungkin sudah takdir, hahaha… Buat Anda yang membaca tulisan ini dan sekiranya mempunyai perkiraan lain, tolong tuliskan di komentar, ya… Terima kasih… Satu lagi! Jika ada diantara Anda yang juga melihat objek yang sama dan di waktu yang sama dengan saya, tolong bagi ceritanya di komentar ya… Terima kasih…

112 thoughts on “Bintang Bergerak

  1. hai, boleh membantu?🙂

    biasanya, bintang berjalan memang terlihat di menjelang malam atau menjelang pagi. gerakannya memang cepat seperti pesawat terbang namun dia tidak berkedip. yang paling mudah dikenali karena sangat terang ya iss itu. makanya harus dipastikan apakah berkedip atau tidak. lalu warnanya apa? kalau mau ditelusuri, coba lihat web heavens-above.com, di situ kita bisa cari tahu apakah iss akan terlihat dari tempat kita atau tidak.

    lalu koreksi sedikit, bintang berekor adalah sebutan lain dari komet, bukan meteor. gerak sebuah komet sangat lambat, hampir seperti planet-planet. perubahan posisinya baru terlihat setelah berhari-hari. sedangkan meteor adalah ‘bintang jatuh’. kenampakannya berupa garis dan sangat cepat, sekedipan mata juga sudah hilang. kecuali untuk meteor-meteor besar.

    semoga membantu🙂

  2. waw.
    tadi, baru aja tadi, sebelum saya berangkat sholat tarawih, saya sempat melihat ke bintang, karena emang sukanya ngliatin bintang, trus ada bintang yang cahaya dan ukurannya sama persis seperti bintang-bintang lainnya, tapi dia bergerak dengan cepat, lebih cepat dari pesawat biasanya, dan gerakannya juga konstan dan ringan, tidak seperti pesawat.

    beruntung sekali saya tadi haha😀

  3. saya juga melihat hal serupa…. itulah sebabnya saya sampai ke blog ini… karena saya penasaran dan pengen tau apa itu sebenarnya…
    saya lihatnya sekitar jam 04.30 selama kurang lebih sekitar 20-30 detik di langit arah timur laut dengan ketinggian sekitar 45 derajat. kejadiannya akhir maret kemarin (sayang tidak saya catat tanggalnya). di antara beberapa bintang, saya melihat satu bintang yang bergerak “perlahan” dan konstan, horisontal ke arah timur agak ke atas. dulu, saya pernah ikut himpunan astronomi amatir, dan belajar sejumlah benda langit, karena itu pula saya suka merhatiin langit di malam hari. saya pernah melihat komet, juga meteor atau bintang jatuh. tetapi, baru kali ini saya melihat fenomena “bintang bergerak” seperti itu…
    jika ada kawan2 yg bisa berbagi ttg apa itu sebenarnya… akan sangat menarik…
    dan saya pikir saya termasuk beruntung bisa menyaksikan fenomena itu
    salam

    • belakangan ini saya juga mulai agak sering lihat ‘bintang bergerak’ itu pas waktu maghrib kalo langit cerah. dan pergerakannya selalu saya ikuti sampai dia menghilang n ga keliatan lagi ^^

  4. ya saya jg sering melihat bintang bergerak.kalo anda tdk prcaya.dalan keadaan cuaca cerah saat sesudah azan magrib dan subuh lihat kearah lngit smbl mncari.anda akan dapt mlht bntang bergerak.tp smpai skrng pun sy blm tua apa itu bntg,satelit,ato bnda lngit lain y

  5. saya juga punya pengalaman yg sama,kalau saya di kampung biasanyo bisa melihat objek yg seperti di ceritakan 3 sampai 4 objek terbanyak dalam semalam.awal nya saya juga tidak percaya hal itu,tapi sekarang saya masih penasaran dengan objek tersebut.
    terakhir saya melihat tanggal 29 mei 2012 dengan arah pergerakan dari barat-timur.
    namun kebanyakan objek ini bergerak selatan ke utara.
    sekarang saya mencoba memetakan pergerakannya dengan memperhatikan rasi bintang.
    trima kasih atas berbagi pengalamannya.
    untuk lebih lanjut silahkan kontak email saya saryono
    -e@yahoo.co.id atau hub 085222511817

  6. saya juga punya pengalaman yg sama,kalau saya di kampung biasanyo bisa melihat objek yg seperti di ceritakan 3 sampai 4 objek terbanyak dalam semalam.awal nya saya juga tidak percaya hal itu,tapi sekarang saya masih penasaran dengan objek tersebut.
    terakhir saya melihat tanggal 29 mei 2012 dengan arah pergerakan dari barat-timur.
    namun kebanyakan objek ini bergerak selatan ke utara.
    sekarang saya mencoba memetakan pergerakannya dengan memperhatikan rasi bintang.
    trima kasih atas berbagi pengalamannya.
    untuk lebih lanjut silahkan kontak email saya
    saryono_e@yahoo.co.id atau hub 085222511817

  7. Pagi ini sekitar pukul 5.30, saya lihat bintang bergerak dari barat ke timur menuju cakrawala. Kaget, hanya berpikir bahwa Alloh lah yg menginginkan saya saksikan fenomena tersebut. Tapi setelah baca artikel ini, ah….InsyaAlloh keimanan kita tetap terjaga. Memang pengetahuan kadang bertolak belakang dengan keyakinan. Semoga dengan penampakan tersebut jadi mempertebal keimanan kita terhadap Alloh, aamiiin.

  8. saya sekarang umur 48th. sejak kecil saya sering ditunjukin bintang berjalan oleh ayah saya. menurut beliau, beliau juga sejak kecil sudah terbiasa melihat bintang berjalan. sejak kecil mungkin sudah ratusan kali saya melihat bintang berjalan. pernah sekali waktu saya melihat dua bintang berjalan sekaligus. mereka begerak bersebelahan dengan zig-zag halus. itu rata2 sinarnya seperti bintang kebanyakan. tapi saya pernah 2 kali lihat bintang berjalan dengan sinar yg sangat terang, lebih terang dari bintang pagi.dan bergerak sangat cepat, lebih cepat dari pesawat terbang dan tanpa suara. yang pertama beberapa tahun silam kira2 jam 7 malam saya lihat bergerak dari arah barat ke timur. yang kedua tanggal 3 agustus 2012 kemarin kira2 jam 7.30 malam saya lihat dari arah barat daya bergerak cepat kearah timur laut. saya sangat penasaran dan ingin tahu benda apa sebenarnya itu. lama2 saya semakin yakin kalau kita tidak hidup sendiri di jagat raya ini. kalau teman2 ada yg punya jawaban yg meyakinkan tolong di share. thanks

  9. pada saat tanggal 22 sept 2012 kami kemaren pada saat kami merayakan hari ulang tahun teman saya di sebuah pantai yang ada diMEDAN,dan pada pukul 03.00 dini hari saya melihat bintang jatuh ada 4x di langit dan tidak berapa lama ada 2 bintang yang berjalan dari arah barat ke timur dan dari arah selatan ke utara ..dengan cahaya nya berwarna putih dan satu nya lagi berwarna agak ke kuningan,,,dan saya memperhatikan nya dengan seksama,begitu cepat seperti hal nya roket…saya berpikiran apakah itu sebuah pesawat yang sedang beroperasi,tetapi tidak mungkin jika pesawat beroperasi pada dini hari dan ukuran nya pun sangat kecil……
    saya dan teman² sangat kagum dan senang karena tidak pernah yang nama nya melihat bintang berjalan…

  10. Malam ini Tgl 8/12/12 saya dan keluarga melihat bintang berjalan dari arah timur sampai ke barat menuju laut dekat rumah kami, saya sangat senang bisa melihat hal yang menakjubkan yang hampir dalam hidup saya tidak akan melihat hal yang seperti itu, mula mula bergerak lurus dan membentuk 2 segitiga lalu membentuk lurus lagi dan akhirnya Lebih terlihat jauh dan sedikit demi sedikit menghilang, sebenarnya saya hanya ingin tau apa artinya atau apa yang mungkin akan terjadi? Saya percaya bintang yang saya liat bergerak bukan karena. Bumi yang bergerak karena bintang yang berjejer. Saya lihat hanya dalam 8 menit… Dan lalu menghilang.. Hanya Tuhan Maha tau,,,, Thanks God

  11. apa yang temen-temen alami pernah saya lami juga beberapa tahun yang lalaui saat langit cerah tanpa cahaya bulan. jadi hanya ahaya bintang dll. saya oba tiduran di atap rumah sengaja cari udara malam yang segar. fenomena tentanga benda langit yang sangat kecil yang biasanya beredar dicelah;celah bintang itu saya lihat. awalnya dari arah utara ke selatan, kemudian diasaat yang sama ada juga melintas dari timur ke barat. betul kata temen-temen benda itu memang kecil dan butuh pandangan yang fokus, jika ga fokus sesaat aja bisa hilang. Sebenarnya fenomena seperti ini terjadi bukan saat-saat tertentu saja, tapi hampir setiap saat bahkan setiap hari. saya sangat meyakinin adanya fenomena UFO

  12. Sejak saya kecil fenomena bintang bergerak sering kelihatan. Hampir setiap malam terutama di kampung yang gelap yakni tiada gangguan lampu kota, saya bisa melihat bintang bergerak dengan jelas. Tapi yang heran…saat dunia moden ini, ramai teman-teman saya yang gak pernah lihat fenomena bintang bergerak. Yang tambah misteri…tiada seorang pun yang bisa memberi penjelasan tepat apa itu fenomena bintang bergerak.

  13. boleh gabung ya,,,
    tgl 8 Feb 13 malam abis maghrib lagi iseng di depan rumah, saya lihat ada bintang berjalan,, hmmm sesuatu banget karen udah lama gak lihat bintang berjalan,,, tp saya masih penasaran,, kepikir terus,,, tidak lama setelah itu terdengar berita adanya meteor yang jatuh di rusia,, apa ada hubungannya yaah…

  14. td pgi sktr jm5.15 sy liat 1 bintang brjln wrna merah d jgja.kcptnnya spt org mlgkh kki k smping.mgkn dr arah brt k timur.liat cm sbntr mpe g kliatan olh mtaq.g tw jg tu objek ap?

  15. saya juga sama kurang lebih pukul 05.00 pagi saya melihat bintang bersinar bergerak dari arah barat kearah timur seperti pesawat terbang, tetapi kalau pesawat terlihat perbedaannya dengan yang saya lihat ini. saya amati terus menerus sampai akhirnya menghilang menuju kearah timur. apakah itu pesawat luar angkasa, planet, atau ufo saya tidak tahu persisnya apa itu. mungkin ada tahu….

  16. Kalau sy mah sring lihat yg seperti itu, dan sy juga sering menemukan jawaban yg seperti disebutkan, tapi sy pernah melihat benda langit seperti bintang berjalan, tepat’a setelah shalat magrib, sekitaran jam 7, langit masih terlihat sedikit merah, dan langit sedang cerah, awal’a sy tidak menyadari bahwa salah satu bintang itu bergerak, bintang itu bergerak sendiri, dr arah barat ke timur, sy melihat bintang itu berjalan sekitar 5 mnit, sy berusaha mengabadikan, tp tidak bisa, karna kamera biasa memfokuskan pada jarak jauh,..
    Sampai sekarang sy masih penasaran knp bintang itu bergerak perlahhan, berbeda dgn meteor, komet, atau sebagai’nya,…

  17. tadi pagi sy ada melihat bintang sekitar pkl 05.15 pagi setelah sholat subuh bintang itu bergerak sendiri, dr arah barat ke timur,mereka begerak bersebelahan dengan zig-zag halus.

  18. Tepatnya di awal tahun 2010,saya jg pernah melihat bintang yg bergerak mas..mulanya saya lihat hanya 1 bintang,tp setelah saya perhatiin lg,ternyata ada 2 bintang yg ikut bergerak di belakangnya dengan jarak yg hampir sama 1 sama lain.disitu saya jg penasaran,dan terus memperhatikan..disitu saya mengira,mungkin itu suatu hal yg memang sudah ada slama ini,karena sperti yg kita tau klo luar angkasa itu sangat luas dan mungkiÑ itu adÀlah salah satu bukti ada’nya mahluk hidup lain yg memiliki peradaban yg sudah sangat maju yg ada diluar tata surya kita,karena galaxi itu pun ada banyak pasti banyak jg peradaban lain.mungkin itu pendapat yg bs saya sampaikan.sejujurnya sampai skrang pun saya penasaran akan hal itu,klo bs saya ingin coba ksna dan mencari tau,tp apa daya saya hanya manusia biasa,bukan sperti superboy yg bs terbang keluar angkasa,heheh..hanks

  19. Pernah liat 2 kali melihat bintang bergerak cepat….
    Pertama Juni 2011 di pantai Pangandaran pada waktu subuh. Bentuk dan terang cahayanya sama seperti bintang pada umumnya dengan berwarna biru. Bintang tersebut bergerak sangat cepat hampir 10 kali lipatnya pergerakan pesawat terbang.

    Kedua Januari 2012 di Ciwidey pada waktu malam hari. Bentuk dan pergerakannya juga sama. Namun kali ini awalnya bergerak lurus namun tiba-tiba menghilang kemudian muncul lagi setelah bergerak dengan lintasan angka 8 kemudian bergerak lurus lg kemudian menghilang.

    Kalau memang itu satelit…Bagaimana bisa benda itu bergerak dengan lintasan angka 8 dengan sangat cepat yg awalnya bergerak lurus???

    Thank you

  20. gue mah sering ngeliat bintang yg bergerak itu,kadang ada 2 sampe 3 bintang yang bergerak pada saat yg sama. Gue kira itu bintang yg beralih posisi. Tp hanya ALLAH yg tau

    • wahhhh ternyata banyak juga yaa yang ngeliat bintang bergerak, gwe juga liat setiap abis sholat shubuh kira2 jam 5 pagi, ini maksudnya apa yaaa

  21. Assalaamu’alaikum Wr.Wb
    Untuk Saudara2 semua.
    Mengenai Bintang Bergerak itu.
    Hari ini, 24 Juli 2013 M/16 Ramadhan 1434 H Saya juga melihat adanya fenomena Bintang Bergerak.
    Tepatnya di daerah Saya di Talago Jorong I Siguhung Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam Sumatera Barat.
    Setelah Shalat Subuh di Masjid,Saya melihat satu Bintang yang Bergerak dari Barat ke Timur.
    Tapi,pergerakannya Lambat.
    Ini merupakan Tanda-tanda dari Kebesaran Allah.
    Subhanallah.
    Mudah2an semakin Mempertebal Keyakinan Kita akan adanya Allah SWT dan Dia lah Yang Menguasai Alam Semesta ini.
    Kalau ada Saudara2 yang ingin Berbagi Seputar apa saja,mari Kita Sampaikan.
    Ini Nomor HP Saya 081389672389
    E-mail Saya bina_juli@yahoo.co.id
    Wassalam.

  22. Alhamdulillah,, saya hampir setiap malam setiap selesai tahajud jam 3 dini hari melihat bintang begerak atau berjalan dengan tiba-tiba, pada saat menatap langit yang tiada tertutup awan, baik dari utara k selatan, atau dari selatan k utara, dan juga dari barat k timur laut atau timur ke barat, saya hanya berucap Subahanallah,…Sabiismarabbikaalla……

  23. Wednesday, September 1, 2010
    Q & A: Apa identitas objek yang terlihat seperti bintang dan bergerak di langit malam?

    Email berikut ini datang dari Abdurrahman Naufal. Isinya mengenai objek seperti bintang yang bergerak di langit malam.

    Salam,

    Langsung saja nih, kemarin, saya, ayah saya, dan dua adik saya melihat cahaya kayak bintang di langit. Saya kira itu bintang biasa, eh, ternyata bintangnya jalan. Tetapi bintang itu nggak berekor, jadi bukan komet. Kalau itu pesawat, kayaknya pesawat itu terbangnya ketinggian deh, soalnya cahayanya agak redup. Sayangnya kami nggak kepikiran utk mengambil foto objek tersebut. kira-kira itu apa ya?

    Terima kasih

    Dalam email keduanya, Naufal menambahkan:

    Ada sedikit tambahan nih, “bintang” itu bergerak ke timur. Kecepatannya jika dilihat kira-kira sama seperti kecepatan pesawat yang ketinggian terbangnya normal (rumah saya agak dekat bandara, jadi sering melihat pesawat). Mungkin bisa memperjelas. Thanks.

    Selain dari Naufal, saya menerima banyak pertanyaan serupa dari pembaca enigma lainnya. Bahkan mungkin kalian juga pernah melihat objek yang bergerak seperti itu.

    Karena itu, Objek seperti ini kemungkinan besar memang ada dan sering terlihat dari bumi.

    Lalu, objek apakah itu?

    Kemungkinannya banyak. Bisa saja pesawat, baik itu pesawat komersil, pesawat tanpa awak ataupun pesawat antariksa (Space Shuttle). Bisa juga objek itu sebuah bintang yang terlihat bergerak karena ilusi optik. Ilusi ini umum terjadi apabila sebuah bintang terlihat bercahaya terang dengan background yang kosong dan gelap.

    Namun kali ini saya ingin memberikan sebuah kemungkinan yang lain.

    Di dalam meneliti sebuah laporan penampakan, bukti berupa foto atau rekaman video adalah bukti yang utama. Deskripsi saksi adalah bukti sekunder. Tetapi karena kali ini Naufal tidak memiliki bukti berupa foto atau rekaman, maka kita akan menilai penampakan ini berdasarkan deskripsi yang diberikannya.

    Dari keterangan Naufal, kita bisa menyimpulkan kalau objek itu:

    1. Terlihat seperti bintang yang bercahaya (walau agak redup)
    2. Bergerak dengan kecepatan seperti sebuah pesawat.

    Dari dua fakta ini, saya bisa memberikan sebuah kemungkinan mengenai identitas objek tersebut. Ini bukan jawaban yang pasti, namun cukup meyakinkan.

    Ada kemungkinan kalau objek yang dilihat oleh Naufal dan keluarganya adalah sebuah satelit artifisial.

    Satelit artifisial sendiri adalah sebuah objek buatan manusia yang ditempatkan dalam orbit bumi.

    Jadi, bisa berbagai jenis. Bisa Teleskop Hubble, satelit mata-mata, sampah antariksa ataupun stasiun antariksa. Di akhir postingan ini, saya akan menyertakan sebuah video sebagai bahan perbandingan.

    Saat ini ada sekitar 35.000 satelit artifisial dalam berbagai ukuran yang sedang mengorbit mengitari bumi. Kebanyakan dari satelit-satelit itu sebenarnya hanyalah sampah angkasa. Ada yang berukuran 10 meter dan ada yang hanya seukuran bola baseball. Pergerakan satelit-satelit dan sampah antariksa ini secara rutin dipantau oleh The Joint Space Operations Center (JSpOC) di markas angkatan udara Vandenberg, California.

    Puluhan ribu objek tersebut merefleksikan cahaya matahari dan mengorbit bumi dengan ketinggian yang bervarasi antara 100 hingga 400 mil dari permukaan bumi. Ini menyebabkan beberapa ratus diantaranya bisa dilihat dengan mata telanjang. Bahkan, jika situasi mendukung, setiap 15 menit, kita bisa melihat satu satelit yang melintasi langit malam.

    Dari semuanya itu, International Space Station (ISS) adalah objek buatan manusia yang paling besar dan paling terang yang mengorbit bumi. Panjangnya sekitar 109 meter dengan panel surya seluas 4.000 meter persegi yang membuatnya bisa terlihat lebih terang dibandingkan Venus.

    International Space Station

    Saat ini ISS mengitari bumi dari ketinggian 348 kilometer dengan kecepatan sekitar 27.743 kilometer/jam. Dengan kecepatan ini ia akan menyelesaikan 15,7 orbit perhari dan dari bumi dapat terlihat bergerak dengan kecepatan seperti sebuah pesawat jet. Kadang hanya butuh waktu empat menit baginya untuk melintasi angkasa di depan mata kita.

    Namun, karena perbedaan musim, kita hanya bisa melihat ISS dengan jelas pada bulan-bulan tertentu. Kalau kita beruntung, kita bisa melihat ISS melintasi langit malam beberapa kali dalam semalam.

    Tentu saja ISS hanyalah satu kemungkinan. Masih banyak satelit artifisial lainnya yang melintasi langit setiap harinya.

    Di bawah ini adalah contoh foto dan rekaman ISS yang melintasi langit malam.

    ISS – Glocester, Massachusets 24 Desember 2006

    ISS – Texas 19 November 2008

    Di bawah ini rekaman videonya.

    Nah, suatu hari, jika kalian melihat objek serupa, paling tidak kalian punya dugaan mengenai identitas objek itu yang sebenarnya.

    Jika kalian tertarik untuk melihat salah satu objek tersebut melintasi langit di daerah kalian, kunjungi website heavens-above.com untuk melihat jadwal penampakan satelit.

    Atau kunjungi spaceflight.nasa.gov, pilih wilayah kediaman kalian, dan kalian akan bisa melihat jadwal waktu terbaik untuk mengamati objek-objek angkasa tersebut.

    Selamat mengamati!

    (space.com, wikipedia)

  24. assalamu’alaikum gan
    kmrin mlm tpt nya tgl 12/8/13 sya ngliat bintang brgerak sbnyk 4 kali, saat itu langit amat cerah n udara nya dingin, bitang2 itu brgerak dri arah selatan k utra dgn kecepatan yg pelan, dua d antra nya brjalan brsmaan spti brpasangan

  25. sama sperti saya,, saya malah sering melihat sesuatu yg dikatakan bintang itu berjalan..
    waktunya itu sering terjadi diketika melewati tengah malam…
    ciri2nya ya sama dengan bintang,, namun ia bisa bergerak dan pindah ke tempat lain..
    sampai sekarang saya masih penasaran..
    dan perkiraan saya itu adalah aktivitas MH luar angkasa..
    jangan2 pemerintah dunia sudah mengetahui hal ini, namun mereka menutupi kebenaran adanya Mh luar angkasa..
    dan saya yakin,, di jagat raya ini bukan hanya ada manusia,, tetapi masih ada kehidupan yg belum kita ketahui..
    tmkasiih..

  26. Haha, kalian kurang beruntung hanya bisa melihat satu objek seperti bintang yang bergerak.
    Saya seorang nelayan yang sering melihat benda seperti itu dikegelapan langit setiap malam ketika saya sedang melihat-lihat bintang, terkadang bisa terlihat 2 atau 3 bintang dari arah berlainan (bukan hanya menuju timur).
    Sejak zaman belanda kakek buyut kami sudah menjadi nelayan, saat itu zaman belum begitu canggih. bahan bakar kapal dan kereta api masih batu bara, dan negara-negara barat belum mampu menciptakan Tv berwarna, Handphone kamera, atau sonar, apalagi menciptakan pasawat antariksa yang diterbangkan kelangit dengan kecepatan seperti itu.
    Tetapi dizaman itu, sudah ada banyak benda semacam itu diangkasa, itu bukanlah pesawat atau satelit. Itu adalah benda ciptaan tuhan yang dia jadikan sebagai petunjuk waktu, arah dan lokasi.

  27. Ternyata banyak yang punya pengalaman serupa ya… Subuh ini saya jg melihat hal yang sama. Makanya kali ini disempatkan browsing. Eh, ketemu page ini…
    Klo yang saya lihat tadi pagi skitar jam 4.25 ada 3 objek. Semuanya tdk mengeluarkan suara, berada d ketinggian bintang seperti biasanya (karena saya jg sudah memperhatikan bintang sejak kecil & beberapa kali melihat objek bergerak di langit yang juga sering membuat penasaran🙂. Bedanya yang saya lihat pagi ini satu objek berkerlip sangat terang setiap 5 detik lalu menghilang dan berkerlip lagi dengan posisi yang berbeda (tampak bergerak menjauh dari bintang yg diam dr arah barat ke timur). Sementara itu 2 yang lainnya dari utara ke selatan. Benda yang satu yg awalnya d belakang bergerak dengan cepat mendahului yg di depannya. Lalu keduanya menghilang d langit selatan. Dikesempatan yang lain selepas sholat isyak bahkan menjelang maghrib saya juga pernah menyaksikan objek bergerak yang sama. Bisa dari arah mana saja, tapi yang pling sering dari arah utara ke selatan. Terlepas itu bintang ato satelit saya tetap merasa senang setiap kali menyaksikannya… Rasanya seperti dapat hadiah karena sudah menengadahkan kepala, hahaa…

  28. Salam’alaykum…saya dari Malaysia.
    Lebih kurang satu jam yg lepas saya ternampak dilangit ada 3 objek sama besar seperti bintang yg paling besar kita boleh lihat dilangit sedang bergerak melintasi antara satu sama yang lain. Kemudian 2 dari nya hilang manakala satu berhenti dan masih ada dilangit dan ianya memang bintang. Persoalannya, apakah objek yg lagi 2 itu juga bintang, hanya tuhan yg tahu. Saya terus ke internet utk mencari-cari apakah ada disebut-sebut akan terjadi satu peristiwa menarik pada malam ini. Tidak ada. Jadi, mungkin hanya saya yg melihatnya. Saya terjumpa blog anda, dan apa yg saya nampak dilangit hampir sama dgn komen dari yulia diatas. Jika ada apa-apa persoalan atau ingin berkongsi apa-apa, sila email kan saya: sahabinabdullah(at)yahoodotcom

  29. Salam,
    Waw anda melihat pd tahun 2011, sy waktu subuh ini baru saja melihat cahaya yg seperti bintang berjalan tp tdk lurus agak tersendat kadang berhenti lalu jalan lagi. Oh ya hari ini tanggal 30 Dec 2013.

  30. Mungkin itu bintang yang belum diteliti oleh para ahli dan sampai saat ini belum diteteliti karena sangat cepat lintasannya

  31. saya sudah 4 kali melihat nya
    terakhir saya melihat tanggal 8 – 2 – 2014
    pertama kali saya melihat benda bercahaya seperti bintang namun kira2 berjarak ribuan tahun cahaya bergereak dengan ceepat seperti pesawat ..
    yang anehnya benda itu berjumlah 5 bergereak dari selatan keutara dan timur ke barat… menurut saya itu U.F.O karena salah satu dari mereka menyemburkan cahaya panjang seperti petir berwarna putihh ( bukan komet berekor

  32. apa yang agan alami sama persis dengan yang saya alami. Tepatnya 4 bulan yang lalu november 2013. Saat jam 10 malam itu kurang lebih 70 derajat diatas langit saya sedang perhatikan bintang yang sedang cerah cerah nya, tanpa sengaja saya melihat 1 bintik cahaya putih seperti bintang yang bergerak, hanya waktu 7-9 detik setelah itu cahaya tersebut menghilang. Saya pikir itu sebuah bintang yang di telan BlackHole. Sampai sekarang menjadi tanda tanya besar untuk saya.

  33. Ada satu jawaban yg meyakinkan yaitu iss. Karena saya melihatnya di daerah tasikmalaya saat waktu subuh,dan saya jg pernah melihat objek itu dua kali dalam satu malam tp tdak tiap malam,seperti keterangan yg di iss di bulan-bulan tertentu kalau beruntung kita akan melihat objek itu 2x dalam 1malam.
    Dan saya melihatnya dengan kasat mata. Terimakasih

  34. mas/ mbak yang punya posting diatas… kalau anda mau lebih paham tentunya tanya sama pakarnya… karena percuma saja kalau hanya mengandai andai dan membicarakan sesuatu disertai sumber tidak terpercaya. selain itu tahukah anda ada banyak hal yang anda perlu ketahui sebelum anda berbicara mengenai kimia dan fisika langit

  35. Saya juga sering lihat bintang ‎Ÿ̲̣ǎ̜̣̍ƞğ bergerak, bintang tersebut hampir sama besarnya dgn bintang yang pada umumnya, cuma ‎Ÿ̲̣ǎ̜̣̍ƞğ membedakan bintang itu bergerak seperti pesawat. Jadi apa nama bintang tersebut.

  36. Salam…..
    Saya sedikit menambahkan.. Mungkin bisa menjadi jejak ilmu baru.
    Kebetulan semalam saya pulang telat bersama seorang teman (Suku jawa). Jadi dia bercerita bahwa bintang yang seolah berjalan itu, bukanlah bintang. Melainkan Jin…
    Saya kurang paham juga dengan maksudnya. Dia juga mengatakan bahwa bintang2 yg bergerak itu memang sering nampak kala subuh. Itu tandanya jin2 tersebut hendak pulang (Kemana ?. Entah !). Dia menambahkan lagi, bahwa jin2 tersebut nampak seperti bintg karena dasarnya dia terbuat dari api dan mereka penghuni barang2 bertuah, seperti batu cincin (batu permata, dll)..
    Memang tidak ilmiah, tapi kan bisa saja itu benar.
    saya dari tadi keliling2 di Om Google nyari jawaban yg bisa meluruskan perkataan kawan saya tersebut. Tapi tidak dapet2🙂

  37. Allah telah menjelaskan dalam Qur’an bahwa;
    “Allah telah menghias langit yang
    terdekat dengan hiasan. Yaitu
    bintang-bintang. Dan telah
    memeliharanya (sebenar-benarnya) dari setiap setan yang sangat
    durhaka. Setan-setan itu tidak dapat
    mendengar-dengarkan
    (pembicaraan) para malaikat dan
    mereka dilempari dari segala
    penjuru. Untuk mengusir mereka dan bagi mereka siksaan yang kekal.
    Akan tetapi barang siapa (di antara
    mereka) yang mencuri-curi
    (pembicaraan); maka ia dikejar oleh
    suluh api yang cemerlang.” (QS. Ash
    Shaaffaat, 37 : 6-10)

    “Sesungguhnya Kami telah
    menghiasi langit yang dekat dengan
    bintang-bintang dan Kami jadikan
    bintang-bintang itu alat-alat
    pelempar setan, dan Kami sediakan
    bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala”(QS. Al Mulk, 67 : 05)

    mungkin itulah yg sering kita lihat di langit.

    http://m.republika.co.id/berita/dunia-islam/celoteh-kang-erick/13/01/10/mgeiv8-bintang-jatuh-atau-panah-api-setan-make-a-wish

  38. saya juga pernah alami seperti itu juga waktu masih duduk di bangku sma sering banget lihat bintang berjalan seperti itu sampai2 saya juga mencari informasi di buku nga dapat penjelasan yang tepat.beda ya yang saya lihat kadang ada 2 bintang jalan bersamaan kadang 3 sampai 4 bintang cukup takjub lihat ya, sampai sampai saya pengen punya teleskop bintang dan suka banget baca buku tentang astronomi aneh memang lihat bintang berjalan ada yang bilang itu satelit lewat dll.

  39. Di tahun yang sama dan kemungkinan bulan yang sama. Saya melihat fenomena yang kemungkinan sama. Akan tetapi waktunya berbeda. Terjadi beberapa kali. Namun kejadiannya dini hari menjelang subuh.

    Saya melihat bintang bergerak dari stu titik bintang ke titik bintang yang lain. Warnanya kuning. Titik dimana saya melihat adalah dari Gunungpati Semarang di atas rumah saya. Saya meyakini itu binang bergerak.

  40. Saya juga sering melihatnya saat camping di hutan, sering sekali terjadi, bahkan 3 bintang bergerak sekaligus saya juga pernah lihat, dan mereka tidak bertabrakan alias membelok sedikit, apa bisa jadi itu malaikat

  41. klw aku sering melihatnya setiap jam 5.45 subuh.malah hampir setiap hari aku melihat seperti bintang berjalan.anehnya hanya satu bintang itu yang berjalan.

  42. Maz,,
    Saya pengen berbagi cerita dikit nih..
    21 November 2014. Cerita saya ini sedikit berbeda dari postingan diatas. Saat itu menjelang Isya, saya sedang mengamati langit(ISENG), tanpa disadari saya melihat suatu objek seperti bintang. Anehnya objek tersebut kedap-kedip seperti lampu LED, dan setiap berkedip objek tersebut berpindah tempat dengan sangat cepat seperti melakukan “teleportasi”. Objek tersebut berpindah-pindah dan membentuk bidang segitiga. Peristiwa tersebut berlangsung sekitar sepuluh menit(saya gak kepikiran merekam peristiwa itu). Peristiwa tersebut membuat saya penasaran dan mencari blog atau artikel yang menjelaskan tentang “bintang yang bergerak”. Sampai saat ini saya belum tau persis benda apakah itu. Tolong admin jelaskan peristiwa yang saya alami ini agar saya tidak mati penasaran nantinya, hehe…

  43. Ikut komen gan. Pagi ni jam 4.00 dini hari ane juga lihat tuh bintang bergerak. Terang banget Gerakannya cepet banget dari selatan ke utara. Ane pikir tu satelit ato pesawat angkasa

  44. Do you want unlimited articles for your website ? I’m sure you spend a lot of
    time writing content, but you can save it for other tasks,
    just search in google: kelombur’s favorite tool

  45. Seminggu yang lalu saat langit cerah tak berawal didalam hari tepatnya tgl 24 dalam waktu 1 jam terlihat 8 benda langit yang melintas tepat arah jam 12,,,
    satu per satu selisih sekitar 10 – 15 menit akan muncul dengan arah yang sama menuju timur,,,
    benda yang tak bersuara itu sungguh sering terlihat di malam hari jam 7 hingga jam 8,,,

    namun jika anda lihat lebih jelih,,
    benda yang bergerak seperti kecepatan pesawat terbang itu tak setinggi bintang lain di angkasa karena saat benda itu melintasi rasi bintang yang ada akan sangat terlihat jarak antara bintang dan benda tersebut,,,

    namun itu adalah misteri malam,,,🙂

  46. Ane Suka bgt ni blog. jwbnya tmen2 smua gak jauh beda bahkan sama persis di saat konvrensi pers oleh tiap2 pakar profesor fisika ahli perbintangan.. Ane baruuuu saja mnyaksikan bintang bergerak dari selatan ke utara. maka dari sono ane langsung mampir di ini blog. ane jujur dari kecil ampek skrng ane tetep pnasaran apa sbnarnya obyek bergerak trsebut. Namun ane punya ksimpulan pribadi dari skian artikel di mbah google yahoo youtube website bahkan di situs2 resmi NASA ISSAD ASS or PALAPA yg udh ane lahab abiez ludezz…. bahkan dari skian pengalaman ane dlm memperhatikan perubahan siang dan malam.. ksimpulan ane hanya satu : (WALLA HU A’LAM) bahwa yg engkau saksikan adalah rahasia ALLAH.
    thank’s ya friend’s atas jwbnya smua.

  47. Krn sy slalu brngkt pagi, sya suka mliht lngit, aplg saat cuaca cerah, sdh kali ke 3 sy liht hal sperti itu, hri prtma 2 bintang yg bergerak’ sisanya hnya satu, waktunya pun bisa sama, sekitar jm 4:45 subuh. Setiap sya keluar rmh saat cuaca cerah pasti sya bsa lihat bintang berjalan..

  48. Saya juga pernah melihat objek bercahaya berpindah dan akhirnya padam. peristiwa itu saat matahari akan terbit. Dan ini ke dua kalinya saya melihat peristiwa itu di waktu yang sama.

  49. tadi pagi pukul 8.30 waktu menengadah ke langit yang bersih dengan sedikit berawan, matahari mulai terik saya melihat ada banyak sekali titik cahaya seperti bintang yang sedang berjalan pelan dari barat ke timur, jika persis di atas kepala ada 9 titik, terus di depannya ternyata sudah ada 7 titik beriringan tidak teratur yang agak redup dan dibelakangnya ada 5 titik yang terus bergerak pelan ke arah timur.
    Saya yakin objek itu tinggi sekali seperti kita melihat bintang berjalan di malam hari, saya tertegun dan tidak tahu apakah yang saya lihat.
    terus saya cari2 berita di google, tidak ada berita tentang hal tersebut.
    apakah ada yang melihat juga?

  50. Lucu, aku udh 6 kali liat cahaya terbang-_- Pertama tengah malam liat itu terbang jatuh di pohon duren.. Kedua Waktu pulang latihan Marching band habis maghrib terbang di langit.. ke tiga, Liat cahaya kuning terbang di antara pohon-pohon durian sebesar Helm atau bola basket.. Yg ke empat waktu Wifi liat cahaya putih lewat di atas rumah-rumah warga.. ke lima Liat cayaha putih di jalan waktu pulang ke rumah, ke enam baru tadi,, Cahaya putih lewat di langit dan yg liat 3 orang-_-” Semua terjadi malam hari.. Tolong itu apa-_-????

  51. Q juga pernah melihat nya jga tahun 2011 bersama suami dan putri q tp bintang itu hanya berpindah tempat karena bintang yg lainnya tetap diam jadi sangat jelas itu terlihat bintang bukan pesawat ,,atau juga bisa jadi planet lain

  52. mas bro,
    kemarin tepatnya tgl 24 jam 19.30 saya dan keluarga saya melihat kumpulan cahaya yang menyerupai bintang, benda2 tersebut bergerak dari timur ke barat saling mendahului dan menghilang gitu saja…saya menyaksikan dengan seksama dengan tetangga saya..dibilang pesawat atau roket suaranya g ada..dibilang satelit yang meng orbit kok ada banyak??..dibilang komet atau meteor ekor nya g ada…hingga saat ini g ada yg tw tuh broo..

  53. barusan aku juga liat , bintang itu bergerak dari barat ke timur hampir 1 menit . . Deg degan campur seneng liatnya , takut aja dya numbur

  54. Saya pertama kali melihat fenomena ini di langit malam sekitar tahun 1998-an.
    Dan dari penjelasan yg menurut saya sangat masuk akal dan saya sangat meyakininya bahwa benda tersebut adalah satelit ataupun stasiun luar angkasa buatan manusia, bukan meteor, komet, planet, bintang bergerak, apalagi jin.

  55. waktu itu sempet liat 1.. tapi saya abaikan.. tapi baru aja saya liat 2 (benda yng di maksud) di waktu yang samaan.. sebelum tarawih.. jadi makin penasaran deh.. baca blog ini wahh makasih info’y dehh.. kerenn..

  56. Ya… saya juga pernah melihat fenomema seperti itu, setdknya 3x. Klau pesawat kan biasanya memiliki 2 cahaya & 1 cahaya brkelap-kelip, gerakan pesawat jg klihatan lamban (karena jauh). Tp objek yg saya lihat itu memang serupa seperti bintang2 lain yg ada di skitarnya, tp anehnya hanya ia sendiri yg bergerak/berpindah tempat dg kecepatan yg saya yakin lbh cepat dari pesawat apapun yg ada di dunia ini. satu lg Objek itu tdk berkelap-kelip. Jd objek apakah itu ya..?? “The Truth Is Out There..??” Hanya Tuhan yg Tahu…

  57. saya setiap malam melihatnya pukul 18.30-19.00 dan 04.00-05.00, mungkin memang benar bukan hanya kita di bumi mahluk yang ada di alam semesta yang luas ini

  58. Sudah 2x subuh saya menyaksikan nya bersama teman.. Yg kemarin subuh ada 6 yg melintas dlm kurun wktu yg tdk berjarak bgtu lama,bahkan kemarin kami sempat melihat 2benda itu berpapasan,berlawanan arah 1 sama lain,bahkan ada yg mengeluarkan cahaya seperti senter di ufo, ada yang bergerak dari barat ke timur,dan yang berpapasan dari selatan dan juga utara,memang tak ada bedanya dgn bintang,dan baru saja saya menyaksikannya lagi bersama tmn makanya saya browse artikel tentang ini,mungkinkah itu iss? Iss tdk akan ada seramai itu,dan mungkin kah iss melintas di langit kami secara massal?

  59. Tadi subuh saya melihat bintang jalan dr Utara ke selatan. Saya sudah sering melihat bintang jalan. Akan tetapi yang membuat saya bingung adalah bintang jalan ini dengan kecepatan Yang tidak konstan, dan yang aneh lagi adalah jalannya zigzag. Adakah yang bisa bantu. Bintang apakah itu?

  60. 3 hari ini saya melihat bintang berjalan 3 kali ,setelah pukul 18.00 setelah buka puasa tertanggal senin 13 juli 2015 ,saya dan teman saya menyaksikan yg pertama dari arah utara ke selatan selama 30/detik dan hilang,stelah 10 menit muncul lagi dari arah barat ke timur di dekat tempat bintang berjalan yg pertama,malam itu saya lupakan…setelah 2 hari berlalu saya coba ttap langit lagi setelah magrib saya temui bintang berjalan lagi terang dan bergerak cepat bak pesawat 20 detik hilang.saya penasaran…….. Lalu malam ke 29 ramadan saya tergerak hati membaca alquran dan terjemahan nya,terlintas kuat d fikiran saya membaca surat an-nahl (lebah) lalu saya buka QS.an-nahl ,saya buka dan saya temukan di ayat 16 yg artinya kurang lebih,Allah memberikan petunjuk dengan bintang bintang(coba cek)/entahlah tp pasti ada kaitanya.knp harus surat an-nahl yg saya ingin skali baca

    Tak berhenti di situ saya pun bertanya pada seorang pakar ufology,itu bisa jd sdl probe atau pesawat mata2 bangsa luar yg memang suka mondar mandir bumi .wallahualam,,,

  61. wah… ternyata banyak yang melihat objek yang sama sampai sekarang dan mencari tau di sini. walau postingan ini sifatnya cuma amatir, tapi makasih banyak udah berkunjung. seneng banget dengan adanya kalian semua😉

  62. Saya tinggal di tigaraksa tangerang tepat dihari lebaran 17 juni 15 jam 19:50 ketika diluar rumah saat itu bersama keluarga langit cerah bintang terlihat bertaburan di angkasa ketika melihat tepat keatas kepala ada yang janggal satu titik cahaya seperti bintang tidak berkerlip bergerak lurus kearah selatan seumua yang ada sy beri tahu dan mereka melihatnya juga, pergerakanya dari arah titik diatas kepala hingga tak terlihat lagi diatas langit selatan berjarak 30 detik, tgl 18 juni 15 jm 19:20 ditempat yang sama sy melihat keatas sebuah titik cahaya aga biru awalnya diam terus benda itu bergerak lurus kearah selatan timur ketika saya saya berpaling kearah langit selatan tampak lagi titik cahaya aga merah bergerak lurus melewati titik lagit diatas kepala terus kearah selatan barat dua malam saya melihat objek bergerak dan itu bukan jalur penerbangan pesawat, titik cahaya itu sama seperti bintang dan titik cahaya itu berada diantara bintang dan penomena ini pernah juga sy lihat 24 tahun yang lalu….

  63. Saya pernah melihat bintang bergerak berpindah tempat,sama seperti anda alami,tapi dibergerak lambat dan berpindah tempat sampai skrg pun sy blm tahu itu apa

  64. Saya sudah sering melihat objek di langit seperti bintang yg bergerak. . .
    Tetapi, Malam ini, tgl 22 juli 2015, tepatx pukul 19.00-19.30, saya melihat 7 macam seperti bintang yg bergerak sekaligus. . . .
    Namun anehx masing2 bergerak kesegala arah. . . .

      • sekitar tanggal tersebut, saya juga melihat bintang bergerak, ketika saya melihat satu bintang bergerak sayapun kemudian memandangi langit untuk beberapa saat, setelah saya hitung dan amati,,,, ada 5 buah bintang berjalan. dan semuanya berjalan ke arah yang berbeda…. dan beberapa saat kemudian saya juga melihat sebuah benda langit yang bergerak seperti kilat yang ber ekor, mungkinkah itu komet?

      • hari ini, 7 januari 2016 saya mengalami kejadian persis sepergi cerita anda. saat saya melihatt langit, benda seperti bintang tiba2 bergerak tidak terlalu cepat dan dari arah barat ke timur juga. lalu saya melihat bintang lain bergerak lalu menghilang. saya baru pertama kali melihat nya karena itu saya mulai browsing untuk memastikannya

  65. Wah, kalau bintang berjalan, saya sering melihatnya, karna saya mmg suka liat langit malam, kalau mnurut saya, itu tetaplah bintang berjalan, karna saya juga pernah melihat bintang berjalan ini dengan ukuran yang jauh lebih kecil dan warnanya redup, alias tidak terang, dan memang, kebanyakan bintang berjalan itu tdak berkedip kedip, karna setahu saya, semua bintang itu tidak berkedip, disaat kita melihat warna yg berbeda dan berkedip, itu hanya pembiasan cahaya, karna letak bintang itu sangat jauh, dan sangat terang, bahkan bintang itu lbh besar dari matahari, karna itu, bintang terlihat kecil dan btuh waktu jutaan tahun cahaya untk dapat menghiasi langit malam, kebayang tdak oleg mu, kalau bintang itu dekat dengan kita?
    sekian.

  66. bang kok sya liat bintang pada tanggal 18 sep 2015 jam 18:48
    sya liat bintang yg bergerak sampai 5 kli seperti bolak balik, maksudnya ada bintang yg berlainan arah smpai jrak bintang yg saya liat hampir berdekatan melintas, mungkin pesawat tpi gk mungkin kya nya karena bsa smpe berdekatan melintas gitu smpe 5 kali 2 diantaranya berlainan arah dan 3 lgi ke arah yg sma, dri jrak sangat kurang jlas apa berkedip2 jdi itu apa yah?????

  67. Bandung, 04 oktober 2015
    Asalamualaikum….
    Mau berbagi cerita aja. Tadi malam sekitar pukul 19.45 posisi saya dibandung tepatbya sedang berada dilapangan bola sidolig, saya bersama teman” melihat fenomenal bintang kelap kelip bergerak dari arah selatan nenuju utara, entah itu bintang ataupun suatu benda entah apa… yang jelas benda tersebut bergerak kearah yg sama berkelap kelip warna agak orange dengan jumlah yg banyak (mungkin ribuan)
    Kalo dikatakan bintang pada saat itu saya lihat juga ada bintang dan bintang tersebut diam tidak bergerak lain halnya dengan benda yg saya lihat, benda ini bergerak seperti sekelompok burung terbang, setelah sekelompok besarnya lewat saya lihat juga beberapa benda yg ketinggalan kelompok besar tersebut kearah yg sama.
    Sampai saat ini saya ngga habis pikir kalo itu dikatakan bintang karna jelas sekali saat itu saya melihat bintang juga dan bintang itu tidak bergerak, kalo secara bentuknya hampir sama dengan bintang namun benda yg saya lihat terlihat lebih orange dan berkelap kelip beraturan.
    Kalo dikatakan satelit hhhmmm….. jumlahnya ribuan dan saling berdekatan jaraknya .
    Apakah ada orang yg sama melihat fenonemal benda dilangit yg saya lihat semalam ? Benda apakah yg semalam saya lihat ?
    Subhanallah Terlihat indah saat bergerak tapi membayangkannya terasa seram.

  68. Tanggal 1/10/2015 mlm senin saya melihat bintang bintang dan hanya diam saja, tapi ada satu yg gue penasaran seperti bintang kelap kelip tapi berjalan seperti pesawat kelap kelip nya pun berwarna putih habis tuh redud. Demikian dari saya. Saya harap ada yg bisa jawab misteri ini.

  69. Waktu saya masih kelas 6 sd ,sekitar tahun 2006 saya jg pernah liat fenomena yg sama. Anehny benda itu bergerak setelah sy liatin cukup lama. Kejadianny sekitar jam 04:00 pagi. Sy yg waktu itu masih kecil kaget dan lari ke dlm rmh,sy bercerita kepada ortu dan kakek nenek sy tapi tidak ada yg percaya. Dan sampai sekarang msh jd unek” di kepala saya,fenomena apa itu?

  70. Saya dari daerah Sumedang. Setiap subuh sehabis pulang dari masjid saya sering liat bintang bergerak dari arah selatan ke utara dengan orbit yang sama sekitar 04:45/04:50. Tapi pada hari ini 30 Desember 2015. Saya lihat cahaya itu 2x dalam selang waktu 1 menit. Biasa nya cuma 1x.

  71. .mungkin bnyak yg bahas jumblhn ya cuma satu seperti bintang yg berjalan, sya pernah melhat lebh dari 7 .bergerak secara bersama” jd ., kemungkinan bukan satelit. Percayalah..!!

  72. masa kat kg saya berjalan ke jambatan waktu itu pukul 5:32am saya berbaring ke jambatan dan melihat bintang² waktu subuh itu, selepas itu saya hnya melihat bintang itu dgn mata tak berkelip , dan trnmpak bintang brgerak seperti bintang yg lain, saya hairan itu bintang kah atau pesawat, ia bgitu laju dari pesawat , dlam masa brapa minit waktu matahari dah nk terbit bintang semakin berkurangan. ada tiga kali bintang itu begerak dua ke arah timur satu ke arah barat, dlam masa 7minit saya nampak satu persatu mmg cantik lha tgok bintang waktu subuh itu ^^

  73. sktr jam 04.40 tadi aku malah liat dua bintang bergerak hampir bersamaan dgn arah yg berbeda..satunya ke utara,,satunya lagi ke selatan..trus gugling bwt nyari jawaban..n malah tambah binun krn sepertimu,,aku juga hampir yakin ttg teori satelit buatan..tapi,,kenapa arahnya berbeda yaa..bukannya klo mengorbit bumi itu,,arahnya sama??

  74. Entah ini kebetulan atau tidak , sekitar jam 7 malam tadi saya melihat suatu objek seperti bintik kecil yg terang seperti bintang namun ia bergerak perlahan dari arah timur ke barat , setelah sy perhatikan lebih jelas memang benda itu di kelilingi oleh cahaya yg melingkar , melintas dgn kecepatan yg cukup tinggi di langit , kalau di diduga pesawat kemungkinanya sangatlah kecil karena benda itu tidak menimbulkan suara maupun berkedap- kedip layaknya pesawat yg melintas di malam hari pada umumnya ,persepsi saya mungkin itu adalah UFO , dgn mengalami peristiwa yg menakjubkan ini saya menyadari kalau bukan ras manusia saja yg hidup di alam semesta ini , masih banyak hal hal yg belum kita ketahui di alam semesta ini .

  75. hari ini tanggal 03 maret 2016 jam 19.00-20.00 saya melihat 6 bintang yang bergerak dengan arah yang berbeda,mngkinkah ini krna akan trjadi gerhana matahari pada tgl 09 maret 2016,ini memang benar trjadi demi allah..
    Seumur hidup saya ini lh prtama kali saya menyaksikan kjadian ini.

  76. Saya juga pernah melihat hal serupa tepatnya pada tahun 1999, waktu itu saya kls 5 SD. Saya melihat dengan samgat jelas benda yg saya sebut bintang pindah itu bergerak dr arah timur ke barat. Dan kemudian berhenti.makanya saya sebut bintang pindah krn benda itu bergerak berpindah tempat dan tidak menghilang.

  77. Waaah.. Akhirnya saya ngga sendirian.. Hehee.. Mungkin sekitar 10 thn lalu saya pernah coba cari tahu di internet tetapi ga pernah ada yg share ttg bintang berjalan.. Saya juga sering lihat bintang berjalan sehabis Shalat Subuh.. Ukuran cahayanya persis seperti bintang tapi dia bergerak dgn kecepatan seperti pesawat yg umumny kita lihat dari bawah.. Jumlahnya pun pernah sampai ada 2 dan saya perhatikan terus sampai dia menghilang seperti turun kebawah tp saya tau kalau sebenarnya dia tidak turun tetapi karena berjalan sangat jauh jadi terlihat seperti itu.. Dulu saya berpikir jika benda itu jaraknya sama seperti bintang yg terlihat kecil namun kecepatannya terlihat seperti kecepatan pesawat yg terlihat dari bumi, maka ga kebayang seberapa cepat benda itu bergerak.. Sedangkan pesawat saja yg berjarak +/- 30rb kaki dari bumi dgn kecepatan nya kira2 800 – 1000 km/jam terlihat lambat kalau dilihat dari bumi.. Gimana benda itu yg jaraknya sangat jauh.. Sempat terpikir oleh saya yg dulu masih anak2 “jangan2 itu UFO”.. Tapi waktu itu nalar saya jg berpikir kalau memang UFO kenapa udh sering muter2 tp NASA yg punya peralatan canggih atau penduduk bumi yg lain ga tau? Tp ya begitulah.. Sampai sekarang pun saya masih tidak tau itu apa.. Yg paling logis menurut saya saat ini sih itu mungkin ISS atau satelit buatan manusia yg lain karena yg saya tau kan ada banyak sekali satelit buatan yg bertebaran disana.. Dgn kecepatan orbit yg sampai puluhan ribu KM/jam sih masuk akal.. Tp kalo memang itu benda langit alami, saya semakin kagum sm ciptaan Allah SWT.. Semoga kita semua diberi tambahan ilmu oleh Allah supaya bisa tau apa yg bikin kita penasaran selama ini.. Aamiinn..

  78. Rabu, 18 Mei 2016, saya bersama 3 orang driver salah satu perusahaan transportasi BBM pesawat di Arab Saudi, dalam perjalanan tugas kantor, tengah beristirahat di salah satu area parkir untuk melaksanakan Sholat Subuh, setelah menempuh perjalanan mengandarai truck selama kurang lebih 6 jam. Sekitar pukul 5.00 waktu setempat, sy melihat lihat bintang bintang yg masih nampak walaupun langit sudah mulai terang. tiba tiba saya melihat salah satu bintang yg membentuk pola layang layang bergerak turun dg cepat membentuk huruf j kemudian bergerak zig zag. kejadian ini saya saksikan kurang lebih selama 10 menit bersama salah seorang teman. karena kami harus melanjutkan perjalanan, maka sayapun meninggalkan kejadian itu. Karena sy tdk paham tentang hal ini, dalam hati saya hanya berkata “ini adalah salah satu tanda Kebesaran Allah”. tp setiap kali teringat kejadian itu, sy membicarakannya dg teman saya. kok bisa ya … Wallahu’a’lam

  79. sejak kecil saya sudah melihat yang seperti itu. Saat masih kecil dulu kami menamainya bintang berjalan. Beberapa hari lalu, saya melihat 2 sekaligus berjalan dari selatan ke utara.

  80. pada hari ini sayapun melihat bintang bergerak dari selatan ke utara dan lama lama hilang subhanallah Wallahu A’lam hanya Allah yang tau

  81. saya juga pernah malah waktu SD dulu pas mau sahur suka nyari bintang bergerak. warnanya kuning tidak berkedip kadang gerakannya ada yg lurus dari barat ke timur kadang ada yg g jelas arahnya kadang belok2. malah kadang nemu 2 segaligus..
    makanya saya nyampek blok ini soalnya suka ngamatin langit pas malam .
    dulu sempat aq pikir itu ufo.. he3..

  82. Saya pernah melihat bintang bergerak saat saya masih berumur 10 tahun, kira2 tahun 2000an lah. Ketika itu saya dan adik perempuan saya sedang bermain di luar pada malam hari, memang sudah hampir seminggu cuaca malam hari sangat cerah jadi saya bisa melihat taburan bintang2 yg sangat jelas. Saya sangat takjub melihatnya, setelah mungkin 10 menit saya amati. Saya terfokus pada beberapa kumpulan bintang dari jutaan bintang di langit, dan anehnya bintang yg sedang saya amati itu bergerak, tidak terlalu cepat, pergerakannya tidak sama seperti pesawat terbang. Karna awalnya bintang itu diam. Saya melihat 4 bintang yg saling berdekatan dari bintang2 tsb saling bergantian utk bergerak. Saya kaget dan memanggil adik saya, dan dia pun melihat peristiwa tsb, yang ada di benak saya pada waktu itu 100% alien, hahaha. Tapi jujur sampe saat ini masih percaya bahwa itu alien. Peristiwa yg saya tidak pernah lupakan sampe saat ini. Hanya saya dan adik perempuan saya saja yg melihat fenomena langka tsb. Senang bisa menceritakan pengalaman.😉

  83. Saya baru melihat Bintang besar dan terang berjalan cukup kencang dari arah selatan ke utara pada pukul 6.36 WIB,Hari minggu tanggal 24 Juli 2016

  84. Subhanallah ternyata banyak kawan2 yang mengalaminya, dalam hati paling kecil memang saya yakin pasti di tempat lain banyak pula yang melihat apa yg saya lihat waktu itu, kurang lebih 3thn lalu insya Allah dua kali sy melihat hal serupa kawan2. Sekitar jam 23:00 – 01:00 tepatnya lupa, saya melihat ada cahaya sebesar bintang, terangnya pun seterang bintang lainya, banyak juga sih bintang yang lebih terang, cumak cahaya ini berjalan secepat pesawat bergerak lurus dari utara ke selatan tepatnya di wilayah surabaya, waktu itu sy berfikir apakah itu pesawat, kalaupun pesawat kog cahayanya kurang terang cahayanya pun tidak berkedip, setahu sy biasanya pesawat meskipun jauh kedipan lampunya akan nampak.beberapa waktu lalu sy melihat lagi, akhirnya coba saya googling nemu di page ini, masya Allah semoga menambah keimanan dan wawasan kita semua. Amin

  85. Saya juga lihat di jam 19.25 malam hari minggu tanggal 07-08-2016,,,saya parkir kendaraan motor saya enga sengaja liat ke atas langit saya kira pesawat tapi kog cepat gerakan nya…berkelip2 tapi gerakan pindahnya seperti pesawat JET cepat skali….saya tunjukan ke istri saya,istri saya melihat kejadian itu….setelah bergerak sangat cepat tiba2 sperti berhanti dan hilang….masi ragu dan binggung itu kog bisa secepat itu gerakan pindahnya…kalau pesawat itu bagi saya bukan pesawat,,,kalah2 pesawat jet kecepatanya..yg pasti nya itu benda apa ya…..

  86. saya juga melihat bintang bergerak setiap subuh . .
    bahkan melibihi dari satu
    aku sebelumnya itu pesawat tapi setelah
    aku perhatikan ternyata bukan.

  87. Pada pagi hari.hari tgl 6 september jam5.30 saya melihat seperti bintang disekitar bintang layang layang cahayanya besar lebih dari venus.sinarnya biru seperti bintang yg besar.lalu meredup jadi sinar agak kuning seperti binntang yg jauh maju melintas arah utara selatan.apakah emang satelit yg lagi ngorbit bumi?

  88. kalo menurut ane itu sih hanya satelit sob,, karna ane juga pernah lihat tp dia bergerak pelan tapi memang berjalan, tapi kalo kaya ente mungkin saya gak tau karna katamu bintangnya berjalan cepat kan?….. kalo yg saya lihat bintangya bergerak namun tidak cepat

Leave a Reply

